gw resa christa mahasiswa dalam tulisan kali ini, gw bakal ngebahas tentang demam social media yang booming banget semenjak kemunculan fr...

Tulisan-4

gw resa christa
mahasiswa

dalam tulisan kali ini, gw bakal ngebahas tentang demam social media yang booming banget semenjak kemunculan friendster beberapa tahun silam. sebagai remaja pada umurnya, gw juga sempet mainan hampir semua social media yang lagi ngetren kala itu. mulai dari friendster, mirc, liveconnector, sampe yang paling terakhir adalah facebook dan twitter. well, emang sih ga ada salahnya punya social media, selain bisa jadi temen curhat. via status gitu, "g4lau n3ch" atau apalah yang sebenernya bisa dibilang, sesuatu yang sampe-sampe temen deket lo males dengerin. yah, emang social media itu menjadi ajang untuk show-off.  status galau atau lebay itu hanya sebagian kecil dari kemampuan social media. status ini bisa nunjukin "keberadaan" seseorang. gw yakin pasti diantara lo semua yang baca, punya temen yang rajin update status. entah dia lagi check-in di rumah makan apalah atau apa. entah kenapa fungsi social media yang tadinya untuk berhubungan dengan orang lain cenderung berkurang. malah jadi ajang untuk curhat dan ngajakin ke gerakan "share dong kalo lo mau nyelamatin hutan" boy! ngeshare ga bakal ngubah apapun di hutan atau apalah itu. sadar woy!
tapi apa boleh buat lah. fenomena social media ini juga enggak disia-siakan oleh para pencari untung. gw yakin lo pasti punya temen yang jualan via facebook. okelah kalau accountnya emang sebuah toko. tapi kadang temen gw yang tadinya selalu update status galau atau kata-kata bijak, jadi jualan crocs men.. "gimana sist? tertarik PM aja" men! ini fb gitu? bukan kaskus?? lo ga bisa PM, bisa juga lewat message.!
selain social media yang kacau balau dengan segala jenis orang didalamnya, sekarang juga jaman ganti foto pp dengan pasangan. okelah kalau lagi mesra atau lagi kasmaran, tapi my goddd........! gw sebagai cowo jomblo dan bosen mampus di kamar ini, gw ngerasa jijik banget boy! yaa..gw akuin sih, dulu sempet gw ganti foto pp gw sama cewe gw. dan emang lagi bagus gw-nya difoto itu. jadi why not? tapi setelah putus ini, gw jadi sensi ngeliat ada pasangan yang ganti foto pp berdua yang samaan. jijik boy!
kadang sedih juga ngeliat social media ini, gw yakin walaupun lo punya 3000 temen di fb lo, di dunia nyata ini mungkin lo hanya punya temen ga lebih dari 30%nya. ya mungkin kalo lo kaum sosialita, bisa lah lo nyampe 50%. tapi tetep bukan 100%. jadi yahh emang begini inilah hidup. makin lama, orang makin ga peduli dengan sekitarnya dan hanya duduk depan internet dan berharap bisa ngubah dunia ini.
social media ini juga bisa jadi ajang buat kejahatan boy! pernah ga lo baca tentang anak yang diculik gara-gara temen fb. atau minggat dari rumah gara-gara diajak ketemuan sama orang ga dikenal dari fb. gw punya sepupu dan entah kenapa gw punya pikiran kalo suatu saat dia bisa aja kena kejadian seperti ini. selain dia selalu liatin bb-nya kemanapun dia pergi (termasuk kamar mandi) dia juga suka dengerin lagu-lagu yang kalimatnya selalu menunjukan kalimat ke-galauan. well, semoga aja ini hanya anggepan gw aja.
fenomena social media ini ga bakal lepas dari dukungan penyedia hardwarenya..! semakin banyaknya fasilitas untuk menjangkau social media ini ngebuat social media merasuki seluruh lini umur yang ada. okey, kecuali kakek/nenek yang susah terlalu tua. soalnya kakek gw juga bbm-an. dan gw kalah. oh sedih gile.
selain itu ada fasilitas foto. macem instagram gitu lah. ya kalo lo tau gw sering ketipu dengan foto-foto cewe yang ada di instagram. entah kenapa di foto mereka jadi sangaaat menarik mata, sementara aslinya yahh gitu lah, gw ga pengen terlalu menyinggung para pengguna instagram. dan lebih parahnya dengan masukin foto-foto mereka ke instagram itu, mereka bisa jadi merasa kya fotografer super galau dengan warna yang cenderung sama semua setiap fotonya.

yah, kalo ngebahas social media di indonesia tercinta ini emang ga ada habisnya, selain banyaknya dan beragamnnya pengguna soc-med. kelakuannya juga beda-beda.
mereka bilang nikmati hidup dengan minimum tenaga dan maksimum kesenangan. dan berujung pada internet. ya gak?

cheers!!!

0 komentar: