hei gw resa christa, dan gw senang tinggal di jakarta ini. Karena di macetnya jakata, tersimpan beribu cerita warga jakarta. pernah ng...

Tulisan 14 Hiruk Pikuk Indonesia atau Jakarta?

hei gw resa christa,
dan gw senang tinggal di jakarta ini.

Karena di macetnya jakata, tersimpan beribu cerita warga jakarta.
pernah ngalamin macet 3jam? 4jam? atau bahkan lebih? yap, itu jakarta. aslinya emang gede ini jakarta, dan ditambah macet. ngebuat kota ini rame banget.
sebulan ini gw berangkat pagi pagi buta untuk kerja didaaerah bandara cengkareng, dan rumah gw di bekasi mepet jakarta timur. macet? pasti!
awalnya gw kesel banget lah secara di surabaya gw ga pernah ketemu macet yang sengsara. tapi lo tau? semakin hari gw lewat jalan dalem kota, ngeliat kota ini bangun pelan-pelan abis tidur, matahari malu malu di antara gedung gedung tinggi jakarta. pancoran  yang setia melambaikan tangannya buat gw. ya, kota ini nonjok gw dengan keras, dan saat gw mau ninggalin kota ini, gw rada sedih juga.
ramenya kota jakarta ga sebanding dengan kota lain di Indonesia ini, terlalu ramai kalo gw bilang. sebagai pusat perekonomian dan pemerintahan hal ini wajar banget. tapi pernah ga sih kepikiran kalo ramainya jakarta ini bukannya ramainya Indonesia.
ketika orang luar negeri dateng ke Indonesia, lewat jakarta, mereka pasti kepikiran katanya Indonesia itu negara berkembang, tapi banyak mobil bagus dan gedung tinggi. tingkat GDP yang engga jelek-jelek amat. intinya adalah ketika jakarta dengan bursa saham yang sibuk setengah mati, atau pedagang di glodok yg cincai cincai, di daerah dieng masih pusing ga panen itu kentang.
kalo aja ramainya jakarta bisa dibagi di tiap kota di Indonesia, mungkin bangsa ini bisa lebih maju secara bersamaan. walau dibagi provinsi, kota atau kabupaten, inget kalo kita masih dibawah naungan sang merah putih.
kalo mikir bahwa jakarta itu kunci dari Indonesia, hmm ya mungkin aja. tergantung kebutuhannya apa.



0 komentar: