gw resa christa dan gw melihat keanehan sama hidup ini pernah ga sih lo dengerin kalimat, kalo manusia ini punya free-will. lo bisa ja...

Tulisan 10-Bebas?

gw resa christa
dan gw melihat keanehan sama hidup ini

pernah ga sih lo dengerin kalimat, kalo manusia ini punya free-will. lo bisa jadi apapun yang lo mau. bebas berlaku sesuai dengan kemauan lo?
men, itu hanya kalimat iklan.! kita ini ga bisa bebas, terlepas dari seabrek aturan yang udah tercipta dengan sendirinya di masyarakat, ditambah adanya peraturan-peraturan lain yang banyaknya udah kelewatan. jadilah kita ini hidup hanya berdasarkan aturan, yang tertulis ataupu yang enggak tertulis. jadi bebas? pikir lebih cermat lagi.
waktu gw kecil gw berpikir bahwa jadi dokter bakal asik, tapi ada peraturan kalo jadi dokter itu harus pinter. dan gw ga masuk kualifikasi itu. jadi gw ga bisa jadi dokter, walaupun dasar pemikiran gw adalah dengan jadi dokter gw lebih bisa nolong orang, bukan liat duit yang bisa didapetin dokter. waktu gw masuk teknik, yang didalemnya juga ada ilmu manajemen, gw dapet ilmu gimana caranya produksi dengan biaya minimum dan dapet keuntungan maksimum. hukum ekonomi yang jahat. tapi mau gimana lagi? semua orang udah cenderung mikir dirinya sendiri.
katanya Indonesia lagi dijaman baik sekarang, GDP naik terus, rupiah ya lumayan menguat lah. dan banyak hal lain yang bilang kalo Indonesia ini membaik. tapi apa Indonesia bebas nentuin dia mau kemana? enggak! ujung-ujungnya perekonomian Indonesia disetir sama western dan yah negara asal penduduk penjual di glodok. gw mikir soal temen-temen gw yang aktifis mahasiswa, yang selalu berpikir merubah Indonesia, well, yang gw alamin saat ikut terjun langsung adalah, warga Indonesia kalangan bawah itu kondisinya kacau. dalam artian, kalau Indonesia masuk pasar bebas, kebanyakan warga Indonesia yang jualan kerupuk 1000 dapet 3 bisa ga makan. yang gw maksud adalah, warga ini belum mampu untuk persaingan sekeras itu. jangankan penjual kerupuk, pengusaha mebel juga panik melihat pasar bebas ini. buat eksportir ini jadi peluang. buat importir?
bebas itu bisa apa aja. termasuk berpikir. tapi radikal dikit ntar dilempar batu dan dibilang zionis lah kafir lah. jalan yang aman itu jadi sama seperti yang lain. dan ya, diam dan ikut seperti yang lain.

speak up your mind, kadang itu baik

0 komentar: