gw resa christa dan gw bukan seorang kristen yang taat kali ini gw bakal ngomong tentang sebuah dilema yang ada di hidup gw belakangan in...

Tulisan 11-Faith?

gw resa christa
dan gw bukan seorang kristen yang taat

kali ini gw bakal ngomong tentang sebuah dilema yang ada di hidup gw belakangan ini. dan menurut gw dilema ini juga lagi in banget di indonesia. kapitalisme. dimana uang itu jadi tolak ukur utama.
gw bakal mulai dengan sebuah hal yang hampir pasti gw tau. gw seorang kristen, jadi gw tau hukum terutama di agama gw adalah kasih. tentang bagaimana memberi dengan tulus, tentang hidup yang benar dan hal baik lainnya. tapi sebuah statement menggelitik muncul ketika gw lagi ngobrol sama orang. ketika kristen bicara kasih, tapi pernah ga sih mikir kalo hampir semua sekolah kristen itu mahalnya gila. mungkin biaya semesteran di universitas kristen manapun bisa buat biaya semesteran gw selama empat tahun. mereka berdalih dengan menonjolkan kualitas yang baik dan bagus, maka dibutuhkan biaya yang tinggi. emang sih kalimat "ada barang ada harga" itu bener banget. terus, kenapa enggak mereka ga pake nama universitas biasa, ga perlu ada embel-embel "kristen"nya? kan bakalan jadi lebih masuk akal. universitas swasta emang mahal, dan yah seenggaknya mereka ga pake embel2 agama kristen.
ketika gw pindah ke surabaya, makin banyak hal yang lebih aneh lagi. well, gw akuin, pas di jakarta emang gw jarang main ke gereja tetangga. disurabaya ini, ada gereja yang bilang kalo jadi kristen itu hidupnya bakal lancar rejeki a.k.a blessed. ya emang sih diberkati itu pasti, dan gw ngalamin itu. tapi kalo lancar rejeki? well, gw ga setuju nih sama statement ini. Tuhan gw bukan konglomerat, He gave when we need it the most. and we should use it wisely. yah, semoga omongan gw ga menyinggung siapapun.
dan, yang pasti adalah sekarang ini, orang bisa milih mau dengerin ceramah apa. kalo tentang berkat ke gereja A, tentang puasa ke gereja B. dan banyak macemnya lah. belum lagi maraknya les bahasa roh. wow! gw yang kuper atau emang kekristenan berkembang seiring ekonomi Indonesia yang terus menanjak(katanya). kadang ada juga yang digereja nangis-nangis sampe jatoh, eh abis gereja gw liat masuk club. shit man!
however, gw bukan mengkritik siapapun, hanya amazed dengan kondisi yang sekarang. beda jauh pas jaman gw gereja di gereja kecil dan ga banyak urusan tentang bahasa roh, perpuluhan, pelayanan dll. its about fate. kalo dalemnya masih rusak, mending benerin dalemnya dulu ga usah bacot keluar.
agama bukan hal untuk didebatkan. hanya untuk diImani, dan dijalankan.

"jaman sekarang semuanya bisa milih, mulai dari paket hemat, sampe renungan"

0 komentar: